Tanggung Jawab

Setiap manusia, pasti memiliki tanggung jawab ny masing2. Entah itu anak2, orang dewasa, anak muda, maupun orang yang sudah tua sekalipun. Anak2 cotoh ny, mereka bertanggung jawab terhadap buku2 pelajarang yang dimiliki ny. Dan seorang ayah, bertanggung jawab memberi nafkah terhadap keluarga ny.  Orang yang tidak memiliki keluarga sama sekali pun juga memiliki tanggung jawab. Ia bertanggung jawab terhadap keadaan diri ny sendiri.

Dalam setiap perbuatan seseorang, pasti ada konsekuensi ny. Pasti akan dipertanggung jawabkan. Namun terkadang, hanya sedikit yang mau bertanggung jawab. Kenapa ? Apakah bertanggung jawab itu sulit ? Yah, pasti akan ada beragam jawaban terhadap pertanyaan ini. Entah karena merasa masa bodoh, malas bertanggung jawab, hingga merasa takut untuk bertanggung jawab. 

Contoh kecil ny saja, meminjam buku di perpus. Meminjam buku adalah hal yang lumrah bagi pelajar. Entah itu meminjam buku pelajaran, buku novel, hingga buku komik. Namun tidak mengembalikan buku pinjaman, juga merupakan hal yang lumrah. Entah karena buku ny terlalu menarik (sehingga ingin memiliki ny), karena hilang (dan takut dimarahi kalau ngaku), ataupun hanya karena malas mengembalikan. Lalu, dimana rasa tanggung jawab mu ?

Be Better Kawan :D

0 komentar:

Posting Komentar